Partner

Apa itu Strategi Email marketing ? - Panduan

Strategi Email marketing adalah serangkaian prosedur yang diidentifikasi dan diikuti oleh pemasar untuk mencapai tujuan pemasaran yang diinginkan dengan iklan email. Rencana tindakan ini memberi bisnis saluran komunikasi langsung dengan prospek dan pelanggan untuk promosi merek.

Mengingat bahwa untuk setiap $ 1 yang dihabiskan untuk Email marketing , bisnis menghasilkan setidaknya $ 40 , semakin banyak pemasar yang semakin menerapkan pendekatan pemasaran ini. Meskipun demikian, penting untuk dicatat bahwa strategi pemasaran yang lemah pasti akan gagal dan karenanya tidak memberikan laba atas investasi (ROI) . Strategi terencana dengan menjelaskan tujuan dan menjadi peta jalan yang mudah diikuti untuk strategi Email marketing yang sukses. Pemilik bisnis online menggunakan SendPulse untuk bekerja secara efektif melalui semua tahapan dalam membuat strategi Email marketing yang sukses. 



Mengapa penting untuk memiliki strategi Email marketing?

 

Strategi sangat penting karena beberapa alasan. Yang paling penting dan signifikan di antaranya adalah sebagai berikut. 


 

Sebuah rencana bisnis

 

Memiliki strategi Email marketing memungkinkan pemasar untuk mengatur proses periklanan email mereka sebelumnya. Pada gilirannya, pemangku kepentingan bisnis lainnya dapat mengetahui apa yang perlu mereka lakukan pada setiap waktu, sehingga memastikan sinkronisitas saat menerapkan kampanye email .

Dengan strategi Email marketing, perusahaan dapat merencanakan kapan harus mengirim promosi berbasis waktu atau email non-promosi. Promosi berbasis waktu adalah email yang berisi pesan sensitif waktu yang meminta penerima untuk mengambil tindakan, misalnya, membeli produk berdiskon, mendaftar kelas baru, atau memesan janji temu. Untuk promosi ini, pemasar harus mempertimbangkan untuk merencanakan rangkaian email pemasaran tiga bagian pendek yang terdiri dari pengumuman (sebaiknya dua minggu sebelumnya), pengingat (1 minggu sebelum acara), dan kesempatan terakhir (1 atau 2 hari sebelum acara). .)

Email non-promosi kurang tepat waktu dan didorong oleh penjualan. Mereka lebih untuk membangun hubungan dan memberi nilai kepada pelanggan. Berlawanan dengan email promosi yang cenderung meningkatkan penjualan, email non-promosi memungkinkan pemasar untuk menentukan minat pelanggan mereka , sehingga membantu segmentasi milis . Pada gilirannya, mereka dapat menindaklanjuti dengan pesan yang lebih dipersonalisasi yang masing-masing membantu dalam memelihara dan memperkuat hubungan dengan prospek dan pelanggan. 



Ukur hasil Anda

 

Strategi Email marketing menjelaskan semua tujuan yang ingin dicapai bisnis. Perusahaan perlu memiliki tujuan pemasaran sebelumnya untuk memberikan arahan saat menerapkan kampanye email. Selain itu, strategi Email marketing memungkinkan pemasar untuk mengevaluasi keefektifan kampanye Email marketing mereka. 



Pilih taktik terbaik

 

Dalam konteks ini, taktik mengacu pada tip dan trik yang digunakan pemasar untuk mendorong strategi mereka dan dengan demikian mencapai tujuan yang ditetapkan. Contoh taktik dapat berupa "memulai program pengabaian kereta untuk mengurangi jumlah penjualan yang hilang". 



Bagaimana Membuat Strategi Email marketing

  1. Tetapkan tujuan Email marketing
  2. Pilih alat Email marketing yang diperlukan
  3. Tentukan audiens target
  4. Identifikasi taktik membangun daftar yang tepat
  5. Bagilah milis Anda menjadi beberapa segmen
  6. Identifikasi jenis email yang akan dikirim
  7. Buat jadwal pengiriman email
  8. Format konten email
  9. Optimalkan email Anda
  10. Lakukan pengujian terpisah
  11. Pantau laporan kinerja email

Sekarang kita akan melihat langkah-langkah penting yang harus diikuti pemasar untuk mengembangkan strategi pemasaran yang sangat baik. 

 

Tetapkan tujuan Email marketing

Email pemasaran berfungsi untuk memenuhi tujuan berikut:
meningkatkan keterlibatan pelanggan
meningkatkan loyalitas
memaksimalkan ROI
menjaga hubungan dengan klien Anda
Oleh karena itu, pemasar perlu membuat email yang sejalan dengan tujuan ini atau tujuan lain yang diinginkan. 

 

Pilih alat Email marketing yang diperlukan

 

Menemukan alat yang tepat adalah langkah pertama untuk menyiapkan strategi Email marketing. Seorang pemasar membutuhkan Penyedia Layanan Email (ESP) dengan alat otomatisasi, di antara fitur-fitur berguna lainnya.

SendPulse memungkinkan Anda membuat, mengatur, dan mengirim email dengan mudah. Dengan Automation 360 , pemasar dapat menindaklanjuti pelanggan mereka dan mengirim email yang tepat pada waktu yang tepat. Misalnya, Anda dapat mengatur email selamat datang untuk orientasi pelanggan baru, email kereta yang ditinggalkan untuk membuat pelanggan mengambil tindakan tentang item yang mereka tinggalkan di kereta, dan sebagainya. Daftar sekarang untuk meluncurkan strategi Email marketing Anda dengan SendPulse. 



Tentukan audiens target

 

Selanjutnya, pemasar perlu membangun daftar pelanggan email mereka. Untuk melakukan ini, Anda harus mengidentifikasi audiens target yang dilayani perusahaan Anda. Contoh kasus, jika bisnis tertentu berurusan dengan pakaian bayi, target audiensnya terutama adalah calon ibu. Jadi, masuk akal untuk menggunakan cara konvensional untuk mendapatkan alamat email demografis ini. 



Identifikasi taktik membangun daftar yang tepat

 

Cara terbaik untuk membangun milis adalah melalui langganan. Dengan SendPulse, Anda dapat menambahkan formulir langganan ke situs Anda dan mengumpulkan pelanggan berkualitas yang siap mendengar dari merek Anda. Anda dapat menyematkan formulir langganan di bagian lalu lintas tinggi di situs web Anda.

Untuk meningkatkan keberadaan online Anda, buat formulir langganan multisaluran dengan SendPulse. Mereka memungkinkan pengguna untuk berlangganan email, kampanye SMS, dan chatbot di Facebook Messenger dan Telegram. Yang Anda butuhkan hanyalah menambahkan tautan ke chatbot Anda. Lihat ke bawah.


Bagilah milis Anda menjadi beberapa segmen

 

Segmentasi adalah taktik efektif yang memungkinkan Anda mengirim kampanye email yang sangat bertarget. Dengan SendPulse, pemasar dapat mengelompokkan milis mereka berdasarkan lokasi, jenis kelamin, pekerjaan, usia, perilaku, dll. Pada gilirannya, Anda dapat yakin bahwa Anda menyampaikan pesan yang sesuai dan disesuaikan yang menarik bagi pelanggan.



Identifikasi jenis email yang akan dikirim

 

Ada berbagai macam email berbeda yang dikirim pemasar. Pilihan gaya email tergantung pada tujuan setiap kampanye tertentu. Misalnya, jika pengguna baru saja bergabung dengan milis Anda, kirimi mereka email selamat datang. Ini adalah kesempatan bagus untuk menjelaskan manfaat bekerja dengan Anda. Jika klien telah menambahkan beberapa item ke keranjang belanja mereka dan tidak membelinya, kirimi mereka email keranjang yang ditinggalkan untuk meningkatkan penjualan. Temukan lebih lanjut tentang jenis kampanye email . 



Buat jadwal pengiriman email

 

Untuk memastikan bahwa pelanggan membaca email promosi Anda, cari tahu waktu terbaik untuk mengirim email. Oleh karena itu, penting untuk bereksperimen dan menentukan waktu saat pelanggan paling terlibat. Pengujian A / B terbukti bermanfaat. 



Format konten email

 

Agar Email marketing berhasil, pesan dalam email promosi harus disajikan dengan sempurna. Pemasar harus memilih format, font, dan ukuran teks tergantung pada jenis email yang mereka buat. Dengan SendPulse, Anda dapat menggunakan editor seret dan lepas untuk membuat templat email cantik yang disesuaikan dengan merek Anda. 



Optimalkan email Anda

 

Sebuah studi tahun 2017 oleh Adestra menyimpulkan bahwa 83,8 persen pemilik perangkat seluler membuka email dengan perangkat ini. Oleh karena itu, masuk akal untuk mengoptimalkan konten email untuk seluler untuk menjangkau audiens ini. Beberapa cara untuk memastikan bahwa konten email ramah seluler meliputi:

  • Membuat baris subjek pendek .
  • Membatasi email dengan lebar 600px.
  • Menggunakan template satu kolom.
  • Menampilkan gambar kecil.
  • Menulis CTA yang berbeda.
  • Menguji di beberapa perangkat seluler.
  • Menghindari bilah menu.
  • Menggunakan ukuran font yang besar (idealnya 13-14 piksel).



Lakukan pengujian terpisah

 

Dengan pengujian A / B, pemasar dapat menentukan salinan email mana yang bekerja paling baik dengan menukar berbagai aspek email mereka, seperti baris subjek (opsi paling populer), gambar, CTA, berita utama, penawaran, dan sebagainya. 

 

Pantau laporan kinerja email

 

Menyesuaikan strategi email Anda berdasarkan laporan dan umpan balik yang telah Anda kumpulkan adalah langkah terakhir untuk mengembangkan strategi Email marketing. SendPulse memberi pengguna seperangkat analitik yang membantu mengukur keefektifan kampanye email. Melacak email tingkat terbuka , tingkat berhenti berlangganan , klik-melalui harga , pengiriman email, email bouncing , keluhan spam , dan banyak lagi.


Strategi Email marketing adalah serangkaian prosedur yang diidentifikasi dan diikuti oleh pemasar untuk mencapai tujuan pemasaran yang diinginkan dengan iklan email. Rencana tindakan ini memberi bisnis saluran komunikasi langsung dengan prospek dan pelanggan untuk promosi merek.

Posting Komentar

1 Komentar