Partner

Teknik untuk Meningkatkan Strategi Email marketing Anda untuk eCommerce

Di bagian ini, kami akan membagikan beberapa tip efektif dan praktik terbaik untuk memberdayakan strategi Email marketing Anda. Teknik ini akan membantu Anda meningkatkan penjualan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan membangun loyalitas.

1. Berikan insentif sebagai ganti alamat email
Ini disebut magnet timbal. Dengan alat ini, Anda dapat secara signifikan meningkatkan jumlah langganan dan membuat pembelian pertama prospek menjadi pengalaman yang tidak terlalu menegangkan. Berikan insentif kepada pengunjung situs Anda yang tidak boleh mereka lewatkan. Ingatlah bahwa itu harus berharga bagi klien potensial Anda. Anda dapat menawarkan pengiriman gratis untuk pesanan pertama pengguna atau kupon untuk mendapatkan diskon pada pembelian pertama mereka. Untuk mempercepat proses pengambilan keputusan prospek Anda, ciptakan rasa takut ketinggalan dan batasi durasi penawaran Anda.

Gap juga menggunakan teknik ini. Merek ini menawarkan diskon 25% untuk mendaftar email mereka. Mereka juga berjanji untuk memberi tahu pelanggan tentang pendatang baru dan penawaran eksklusif melalui email.


2. Segmen pelanggan langsung dari formulir berlangganan
Segmentasi adalah suatu keharusan bagi eCommerce. Toko Anda mungkin memiliki berbagai kategori untuk pria, wanita, dan anak-anak. Jika Anda mengirim email yang mempromosikan pakaian anak-anak atau barang-barang wanita kepada pria, tingkat pembukaan email dan keterlibatan pengguna Anda akan terganggu. Dengan segmentasi, Anda dapat mengirim kampanye bertarget dan relevan ke setiap pengguna di milis Anda. Sediakan beberapa bidang tambahan untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan. Anda dapat meminta jenis kelamin atau informasi pengguna tentang kategori barang yang mereka minati.

Setelah pelanggan mengisi formulir Anda, data ini akan ditambahkan sebagai variabel ke milis Anda. Kemudian, Anda dapat memilih variabel tertentu atau segmen milis untuk mengirim kampanye email Anda. Hasilnya, setiap pelanggan akan menerima penawaran yang mereka minati.

Lihat formulir berlangganan Puma. Mereka memberikan diskon pembelian pertama dengan imbalan alamat email dan mengundang pengguna untuk membagikan tanggal lahir dan preferensi belanja untuk menerima penawaran khusus.


3. Kirim email selamat datang
Email selamat datang adalah kesempatan Anda untuk membuat kesan pertama yang positif pada klien potensial Anda. Anda dapat mengirim satu email atau serangkaian tiga pesan untuk lebih mendidik audiens Anda.

Ada begitu banyak tujuan yang dapat Anda capai dengan rangkaian email selamat datang. Anda harus mengatur nada komunikasi yang bersahabat dengan merek Anda, memberi tahu pelanggan tentang manfaat memilih perusahaan Anda, membagikan barang-barang berperingkat teratas, atau membuat penawaran khusus.

Lihat email selamat datang yang manis ini dari Petco. Setiap kalimat dan gambar di email ini adalah tentang menyayangi hewan. Pesannya dimulai dengan sapaan manis yang pasti akan membuat Anda tersenyum. Merek tersebut membagikan tautan ke kategori paling penting dan mendorong pelanggan untuk melengkapi profil hewan peliharaan untuk menerima berita yang disesuaikan, penawaran, dan bahkan hadiah ulang tahun gratis untuk hewan peliharaan. Email selamat datang ini tidak akan membuat siapa pun acuh tak acuh.


4. Kelompokkan klien berdasarkan perilaku mereka
Lampaui segmentasi standar berdasarkan informasi tentang pelanggan Anda. Ratusan pelanggan mengunjungi toko online Anda setiap hari, melihat-lihat kartu produk, menambahkan item ke keranjang belanja dan daftar keinginan mereka, dan tentunya melakukan pembelian. Anda dapat melacak perilaku mereka dan membuat segmen yang sesuai untuk pengabai keranjang, untuk pengguna yang melihat halaman yang sama dan menambahkan barang yang sama ke keranjang belanja mereka. Kemudian, Anda dapat mengirimi mereka kampanye promosi dan meningkatkan penjualan.

SendPulse menyediakan segmen yang telah dibuat sebelumnya jika Anda tidak ingin menentukan kondisi secara manual. Bagilah pelanggan menjadi beberapa grup berdasarkan tindakan dan keterlibatan mereka: pengguna yang bergabung dengan daftar Anda dalam 30 hari terakhir, pengguna aktif yang membuka lima email terbaru dari Anda, dan pelanggan tidak aktif.

Anda juga dapat membagi pengguna menjadi beberapa grup berdasarkan interaksi mereka dengan kampanye Anda: membuka email tetapi tidak mengklik link, tidak membuka email, membukanya, atau mengikuti link tertentu.

Dengan informasi ini, Anda dapat mengirim kampanye yang sangat bertarget, meningkatkan retensi pelanggan, dan meningkatkan penjualan.

Berikut tampilan segmentasi berdasarkan perilaku.

5. Jual-lebih dan jual-silang
Dengan teknik pemasaran ini, Anda dapat membangun retensi pelanggan, loyalitas, dan meningkatkan penjualan. Kedua taktik tersebut menyiratkan menjual lebih dari yang ingin dibeli oleh pelanggan.

Pemasar menggunakan penjualan silang untuk mendorong pengguna membeli produk pelengkap selain pesanan mereka. Misalnya, merek sering menawarkan case atau earphone bersama dengan smartphone. Barang-barang ini digunakan bersama, jadi promosi ini selalu to the point.


Upselling berarti mempromosikan produk yang lebih mahal, ditingkatkan, dan lebih baik daripada pilihan awal pelanggan. Misalnya, pemasar mempromosikan TV dengan layar lebih besar, iPhone terbaru, atau paket berbayar, bukan uji coba gratis. Tantangannya di sini adalah untuk menjelaskan mengapa produk ini merupakan pilihan yang lebih baik dan menutupi keuntungan yang akan didapat klien setelah membelinya.

Di bawah ini adalah contoh email cross-selling yang dikirim oleh Amazon.

Dengan sistem Otomasi 360 Sendpulse , Anda dapat mengirim email cross-selling dan upselling secara otomatis segera setelah pembelian.

6. Kirim email pencapaian
Email tonggak sejarah membantu membangun hubungan jangka panjang dengan klien. Jenis email ini biasanya menunjukkan tahap tertentu dari siklus hidup pelanggan. Ini bisa menjadi ulang tahun klien atau hari jadi. Kampanye ini memiliki rasio terbuka dan CTR yang bagus karena sifatnya yang dipersonalisasi. Untuk mengirim email pencapaian, Anda perlu mengumpulkan data seperti tanggal lahir pelanggan; tanggal berlangganan, pembelian pertama, atau peristiwa penting lainnya.

Dengan data ini, Anda dapat memberi selamat kepada klien Anda atas acara penting ini dan berterima kasih kepada mereka karena telah setia pada merek Anda. Hadiahi mereka dengan penawaran unik. Mereka pasti akan menghargai perhatian Anda dan kembali ke merek Anda.
Mud Pie mengirimkan email pencapaian ini untuk merayakan hari jadi pengguna dan memberikan diskon $ 10 untuk pembelian berikutnya.

Anda dapat dengan mudah mengatur pengiriman email pencapaian otomatis dengan SendPulse Automation 360 .

7. Jalankan kampanye keterlibatan ulang
Ini adalah tugas penting untuk menjaga milis Anda tetap sehat. Pelanggan Anda mungkin kehilangan minat pada merek Anda, tidak lagi membutuhkan layanan Anda, atau melupakan Anda. Tapi jangan terburu-buru untuk menghapusnya dari milis Anda. Anda dapat memenangkan mereka kembali dengan kampanye keterlibatan ulang.

Gunakan email ini untuk mencari tahu mengapa pelanggan Anda tidak berinteraksi dengan merek Anda. Setelah pengguna mengikuti tautan berhenti berlangganan, Anda dapat memberikan formulir dengan berbagai alasan untuk mereka pilih. Jika Anda belum siap untuk menyerah, tawarkan insentif untuk memenangkan mereka kembali dan ingatkan mereka tentang keuntungan menjadi bagian dari komunitas Anda. Ini bisa berupa penawaran eksklusif atau diskon.

Virgin Experience Days mengirim email re-engagement ini dan mendukungnya dengan penawaran khusus - diskon 20% untuk pesanan berikutnya.

mama keyok 4

8. Hargai pelanggan setia
Orang-orang ini membantu bisnis Anda berkembang, memberi Anda banyak uang, dan menyebarkan ulasan bagus tentang merek Anda. Anda mempertahankan klien seperti itu dan memberi mereka penghargaan karena jauh lebih sulit untuk mendapatkan pelanggan baru.

Anda dapat membuat klub loyalitas khusus untuk klien yang membuat lebih dari X pesanan, memberi mereka poin untuk setiap pembelian tergantung pada cek mereka dan menawarkan untuk menukarnya dengan produk atau diskon.

PetSmart mendorong pelanggan untuk bergabung dengan program loyalitasnya untuk mendapatkan poin dan mendapatkan hadiah eksklusif untuk setiap $ 1 yang dibelanjakan. Selain itu, mereka berjanji untuk memberi kejutan pada setiap hewan di hari ulang tahun mereka dan mengirimkan penawaran khusus melalui email.


Teknik untuk Meningkatkan Strategi Email marketing Anda untuk eCommerce
  1. Berikan insentif sebagai ganti alamat email
  2. Segmentasikan pelanggan langsung dari formulir langganan
  3. Kirim email selamat datang
  4. Kelompokkan klien berdasarkan perilaku mereka
  5. Jual lebih dan jual silang
  6. Kirim email pencapaian
  7. Jalankan kampanye keterlibatan ulang
  8. Hargai pelanggan setia

Posting Komentar

0 Komentar